JANGAN LUPA LIKE-NYA DOOOONGGG >>>>>KLIK PROGRAM SEKOLAH UNTUK SEMUA APLIKASI EXCEL

Sunday 24 October 2010

RAPORT BULANAN VERSI SMP NEGERI 4 DOLOK PANRIBUAN


Salam jumpa kembali di aplikasi ICT versi SMP Negeri 4 Dolok Panribuan.


Kali ini saya mencoba mengulas tentang  Program Aplikasi Pengolahan Raport Versi SMP Negeri 4 Dolok Panribuan.

OK deh, langsung saja.

Program Aplikasi Pengolahan Raport ini di rancang menggunakan Aplikasi Exel 2003, yang bertujuan agar semua guru dapat menggunakannya dengan mudah. Aplikasi ini terdiri dari 3 sheet, namun sheet dihilangkan dan diganti dengan Hyperlink halaman, yang bertujuan agar lebih mempermudah penggunaannya.

Aplikasi ini memiliki kepraktisan, antara lain :
  1. Tidak perlu penginstalan
  2. Penggunaannya sangat mudah, tidak ribet.
  3. Seluruh data menggunakan data list, sehingga kita cukup klik saja, tidak perlu mengetik  atau mengcopy data, seperti data siswa, data guru, mata pelajaran, tahun pelajaran, bulan pembagian raport, laporan tiap siswa, terkecuali pada KKM dan Nilai Siswa.
  4. Daftar Legger dilengkapi dengan nilai kognitif dan ekstra sekolah ataupun pengembangan diri dan absensi siswa setiap satu bulan.
  5. Daftar Legger  juga dilengkapi dengan deskripsi tingkat ketercapaian siswa. ( Tercapai, Tidak Tercapai, Terlampaui )

Nah itulah sedikit gambaran tentang aplikasi raport ini.

Sekarang kita menuju setiap halaman dari aplikasi raport ini.

  1. Halaman 1.
Halaman ini merupakan halaman COVER raport.
Pada halaman ini kita tidak perlu mengetik apapun, karena halaman ini membaca halaman Legger.
Halaman ini berisi tentang nama sekolah dan data siswa secara individu.

                                Gambar Halaman 1

  1. Halaman 2.
Halaman ini memuat daftar nilai perolehan siswa selama 1 bulan. Halaman ini membaca Halaman Legger.
Pada Halaman ini kita cukup mengisi Bulan dengan cara megklik pada list dan mengetik KKM dari setiap Mata Pelajaran.
Halaman ini juga dilengkapi dengan Ranking, Nilai Pengembangan Diri dan Absensi siswa selama satu bulan. Nilai juga dilengkapi dengan deskripsi ketercapaian siswa. Deskripsi Tidak Tercapai akan berwarna merah.
                                      Gambar Halaman 2.

  1. Halaman Legger
Halaman ini merupakan daftar rekapitulasi atau kumpulan nilai seluruh siswa untuk seluruh mata pelajaran. Pada halaman ini kita tidak melakukan pengetikan pada header, kita cukup klik saja pada list yang tersedia. Pada saat kita mengklik kelas, otomatis nama siswa dan NIS akan muncul. Pada saat kita klik nama guru, NIP otomatis muncul yang diikuti dengan perubahan pada halaman 1 dan halaman 2.

Kita cukup mengetik nilai perolehan tiap-tiap siswa untuk setiap mata pelajaran, dan nilai pengembangan diri beserta absensi siswa selama satu bulan.

Halaman ini telah diseting pada ukuran kertas F4. Untuk mengeprint butuh 4 lembar kertas F4.

                                    Gambar Halaman Legger  lembaran 1


                                    Gambar Halaman Legger  lembaran 2


                                    Gambar Halaman Legger  lembaran 3


                                    Gambar Halaman Legger  lembaran 4



Nah itu lah gambaran tentang aplikasi raport bulanan ini. Tentunya aplikasi ini terselesaiakan berkat informasi dari MBAH GOOGLE,  yang merupakan sumber dari segala sumber ilmu. Kepada Mbah GOOGLE saya ucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya.

Kepada rekan guru dan para pembaca sekalian saya menunggu kritik dan saran agar aplikasi ini dapat lebih sempurna lagi tentunya.

Para rekan guru juga dapat mendownload aplikasi ini untuk dipelajari terlebih dahulu.  Alamat download berada pada bagian akhir artikel ini.

Semoga Bermanfaat bagi rekan Guru semua,….

Sampai jumpa lagi di aplikasi berikutnya,……..



“SALAM PENDIDIKAN”



Wassalam……….





Download Aplikasi Raport Bulanan  :

Klik di sini


DOWNLOAD JUGA SKP GURU
 
DOWNLOAD





               





25 comments:

  1. Program yang sangat mantap & berguna.. thank atas sharenya. lanjutkan kreatifitasnya semoga dunia pendidikan Indonesia makin maju..

    ReplyDelete
  2. kok di password sheet nya ..passwordnya apa ne?
    sama2 guru jangan komersil laah

    ReplyDelete
  3. Mr. Juancok,...
    jangan emosi dulu dong,...
    klo mister baca jawaban saya atas coment teman2,.. mungkin mister da tau dong,...
    coba kunjungi deh analisis butir soal Uraian nya,..

    Salut Buat Mr. Juancok,.....

    ReplyDelete
  4. Salam kenal.Maaf pak har, saya telah mengunduh file anda..... wah program anda sangat bermanfaat. Trims.......budi lamongan

    ReplyDelete
  5. OK Pak Budi, silahkan di pelajari dulu file nya,..

    ReplyDelete
  6. salam pak hariyanto..
    setelah kami download aplikasi raport buatan bapak..kami tertarik untuk membuat raport/leger seperti itu.
    bisakah bapak membantu kami?karna mapel yang ada di file bapak tidak sama dengan sekolah kami.
    kebetulan kami di MA-MTs.jadi mapelnya lebih banyak.
    trim`s

    ReplyDelete
  7. Salam Kembali Bu Emha......
    Klo Ibu tertarik cukup sms aja nama sekolah Ibu,dengan email Ibu..
    Nti saya buatkan, semua kolom data sudah saya sediakan,....
    Semua data nti bisa Ibu edit....
    Trims....

    Wasalam....

    ReplyDelete
  8. Assalamualaikum pak Har, terima kasih sharingnya. kebetulan saya baru di kurikulum menggantikan kurikulum lama yg baru saja pindah tugas, dan sdg berusaha menata kembali administrasi. saya bisa di kirim source file-nya pak? terima kasih

    ReplyDelete
  9. Wlkmsalm Pak,...
    sms kan saja nama sekolah Bpk,.. nti saya kirim lewat email Bpk,...

    Trims,..
    Wasalam...

    ReplyDelete
  10. Ass, salam kenal pak har,saya sangat tertarik dgn program ini,tapi saya mengajar di MTs dan SMA bisa dibuatkan formatnya? ini e-mail saya : abufatih57@yahoo.co.id. Nama saya Rudi dari lampung.Wass.

    ReplyDelete
  11. Ass... Salam kenal pak har, program2 anda memang jempolan dan sangat bermanfaat... semoga Allah yang membalas kebaikan anda... Amin,,,, Pak, sy jg sangat tertarik dg program ini. sy mengajar d MTs, tlg dibuatkan formatnya... mapel ada 15 pak, email sy, malik.485c@gmail.com. nama saya Malik Marzuki, Probolinggo... Syukron.....

    ReplyDelete
  12. Ass, salam kenal pak har, di smp saya sudah saya kembangkan rapor berbasis ICT, tapi begitu melihat hasil karya anda saya tertarik untuk belajar lebih banyak dan mhn dikirinm formatnya. ini email saya : tartoazzam@yahoo.co.id dan blog saya : tarto8.wordpress.com, untuk donasi segera saya kirim, terimakasih

    ReplyDelete
  13. keren banget pa..salam kenal nih dari penggemar software pendidikan buatan anda...saya ugin smpn 2 darma, tolong dong pa kirimin source yang bisa diedit ke sugiono_ugin@yahoo.com .trimz

    ReplyDelete
  14. tentang APLIKASI RAPORT DIGITAL ... Kunjungi blog saya http://tiyopams.wordpress.com

    ReplyDelete
  15. trimakasih sangat bermanfaat....tolong saya dikirimi ke email saya bani_dawam72@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  16. rumusnya kok gak ada,tlng diemailkan di yahyasueb@yahoo.co.id terima kasih

    ReplyDelete
  17. sangat bermanfaat sekali terima kasih gan ilmu nya

    tolong dong kirim kan yang bisa di edit...

    email : ammarthony@rocketmail.com

    thanks
    semoga selalu sukses

    ReplyDelete
  18. keren sekali pak..
    tapi ada yang bisa di edit ga ?
    PAK HAR TOLONG DI KIRIM KE EMAIL SAYA DONK..
    misno.reza@yahoo.com

    ReplyDelete
  19. yang tertarik, cukup sms aja nama sekolah dan email Bpk/Ibu,...
    Ke 0813 9666 2780
    Nti saya Kirim lewat Email,..

    ReplyDelete
  20. aduh pak luar biasa sangat muantap benar.....!, tapi sayang pak kita dari MTs, jadi kalo boleh tau adakah format untuk MTs, kalau ada boleh saya minta pak?

    ReplyDelete
  21. gan, bisa share tutorialnya gak...?
    terus, software ini dibuat kan untuk memrpermugah kinerja guru, tapi ini malah menjadi lebih ribet? (karena cara penggunaanya tidak ngerti)

    ditunggu balasannya

    ReplyDelete
  22. gan, bisa share tutorialnya gak...?
    terus, software ini dibuat kan untuk memrpermugah kinerja guru, tapi ini malah menjadi lebih ribet? (karena cara penggunaanya tidak ngerti)

    ditunggu balasannya

    ReplyDelete
  23. Pak Har, Programnya keren Banget.
    Bisa minta dibuatkan untuk sekolah saya. nama : MTs Al-Mu'awanah
    kirim ke hadian77@gmail.com.
    Untuk donasi insya Allah Saya Kirim.
    Terima Kasih.

    ReplyDelete
  24. saya gak tau gimana format punya orang bapak,..
    klo bpk modiv sendiri gimana??
    kira2 bisa gak??

    ReplyDelete
  25. SILAHKAN DIDOWNLOAD,
    MODIFIKASI SESUAI KEBUTUHAN
    PELAJARI FORMULANYA,...

    NO PASSWORD ALL SHEET

    ReplyDelete