JANGAN LUPA LIKE-NYA DOOOONGGG >>>>>KLIK PROGRAM SEKOLAH UNTUK SEMUA APLIKASI EXCEL

Thursday 28 October 2010

Athenaeum Light 8.5 (Library Software)



Sekarang bukan jamannya lagi mencari-cari buku dari katalog kusam di perpustakaan. Peran Teknologi Informasi (TI) telah banyak digunakan untuk memudahkan para pengguna perpustakaan mememukan buku favoritnya. Dengan hanya mengetik judul buku atau nama pengarang di tuts komputer, informasi mengenai posisi serta keberadaan buku yang kita cari pun akan segera tersaji di layar komputer.

Idealnya, setiap perpustakaan memanfaatkan kecanggihan teknologi informasi untuk mendukung pengelolaan koleksi perpustakaan. Diperlukan beberapa perangkat untuk pengelolaan perpustakaan berbasis TI.

1. Komputer
Komputer diperlukan untuk menerima dan mengolah data menjadi informasi secara cepat dan tepat. Perangkat komputer ini akan digunakan untuk menyimpan data koleksi buku, data anggota perpustakaan, dan OPAC (Online Public Accses Catalogue). Dengan OPAC, para pelanggan perpustakaan bisa mencari informasi koleksi buku yang mereka butuhkan tanpa harus mencari secara langsung. Komputer itu juga bisa dikoneksikan ke internet.

2. Internet
Di antara manfaat internet untuk pengelolaan perpustakaan adalah sebagai peranti untuk mengakses informasi multimedia dari internet, serta sebagai sarana telekomunikasi dan distribusi informasi. Koneksi internet juga bisa dimanfaatkan untuk membuat homepage perpustakaan, yang bisa digunakan untuk menyebarluaskan katalog dan informasi.

3. Software
Untuk mempermudah penyajian informasi, diperlukan software khusus untuk mendukung pelayanan perpustakaan. Ada beberapa jenis software yang umum digunakan di perpustakaan berbasis IT baik yang berbasis offline maupun online (open source), di antaranya Athenaeum Light dan Freelib.

Athenaeum Light
Kata Athenaeum diambil dari bahasa Yunani, yang artinya perpustakaan atau reading room. Nama ini digunakan oleh Sumware Consulting NZ untuk nama produk perangkat lunak 'gratisan' yang mereka buat. Atheaneum Light 8.5.vi merupakan versi modifikasi dari Athenaeum Light 6.0. yang telah melalui proses konversi menggunakan Filemaker 8.5 dengan kemampuan lebih baik, robust serta mampu mengelola data hingga 8 Tera byte. Athenaeum Light 8.5 ini hanya dapat bekerja pada OS Windows XP dan 2000 service pack 4, dengan processor minimal Pentium 3 atau lebih tinggi.

Dengan software ini para pustakawan akan sangat terbantu dalam pengelolaan perpustakaan, dari proses katalog, input daftar anggota, OPAC, peminjaman, pengembalian, informasi, serta klasifikasi koleksi buku. Pengelola perpustakaan pun tak perlu lagi repot membuat barcode, karena secara otomatis, barcode akan muncul saat pengklasifikasian buku.

Freelib
Freelib merupakan singkatan dari Freedom Library yang diambil dari nama Perpustakaan Freedom, yang pertama kali menerapkan aplikasi software ini. Sampai saat ini, Freelib sudah menginjak versi 3.0.2 untuk aplikasi katalog, manajemen versi 1.0.2 sedangkan untuk Linux versi 0.0.4. Spesifikasi hardware yang direkomendasikan minimal pentium 3, 600 Mhz dengan memori 64 Mb. Untuk versi Linux, spesifikasi hardware yang dianjurkan lebih tinggi, minimal pentium 4 dengan memori minimal 128Mb

Selain Athenaeum Light dan Freelib, masih ada banyak software lain seperti CDS/ISIS, Open Biblio, IBRA, LIBRA, SIMPEL, Chyprus, dan lain lain. Rata rata program itu merupakan open source dan dibuat secara khusus untuk perpustakaan.

Kemudahan yang ditawarkan teknologi itu harus dimbangi dengan meningkatnya sumber daya manusia (SDM) para pustakawan. Mereka harus memahami dan dapat mengaplikasikan segala kemajuan teknologi itu untuk kepentingan perpustakaan. Karena akan sia-sia saja program-program itu diciptakan, jika tidak dimanfaatkan.

Download Athenaeum light 8.5

Kawans,

Beberapa permintaan donload Athenaeum light 8.5 masih sering
muncul kendati apalikasi ini sudah di sebarkan sejak 1 tahun lalu
Mungkin sebagian baru akan mencoba migrasi dari versi sebelumnya
6.0 , yang
kapasitasnya hanya 2 giga dan agak rentan crash [terutama ketika
menu transaksi dijalankan, dan mendadak lampu mati]

Athenaeum 8.5 dilaporkan lebih tahan banting..dari masalah data rusak
[damage] atau error ketika kelebihan beban.

Bagi yang belum sempat donload silahkan ambil DISINI:

Cara menjalankan AT 8.5
Apliaksi ini direkomendasikan untuk berjalan pada OS Windows XP sp2,
atau Wind2000 sp4, atau Vista।

Setelah donload file dalam format zip silahkan EXTRACT [klik kanan extract here]

Lalu double klik " Athenaeum Light " exe atau application

masukkan password : user [untuk OPAC}
password : merdeka [untuk Admin]

user name : diskosongi...saja.. tidak perlu di isi


Manual
Untuk menjalankan aplikasi secara enak, sebaiknya anda donload
manual yang ditulis rekan M Ishak, di FILE milis Toolib :

Join
Tentu saja kami harapkan anda bisa join di milis agar bisa diskusi dan
mejalankan AThenaeum Light secara Optimal.

Merdeka
Athenaeum light di tularkan secara sederhana dan terbuka untuk siapa saja
yang ingin mengelola perpustakaan secara terotomasi, dengan sederhana pula,
dengan tingkat kesulitan sekecil mungkin..termasuk qta yang gagap teknologi.

Salam Merdeka !

1 comment:

  1. ms numpang tanya, kalo ganti tampilan awal AThenaeum Light 8.5 gmana ya

    ReplyDelete