JANGAN LUPA LIKE-NYA DOOOONGGG >>>>>KLIK PROGRAM SEKOLAH UNTUK SEMUA APLIKASI EXCEL

Monday 15 November 2010

MASTER ANALISIS BUTIR SOAL CAMPURAN (PILIHAN GANDA + URAIAN) VERSI SMP NEGERI 4 DOLOK PANRIBUAN


Salam jumpa kembali di Program Analisis Butir Soal Versi SMP Negeri 4 Dolok Panribuan.

Setelah selesai dengan Analisis Butir Soal Pilihan Ganda, Anaiisis Butir Soal Uraian, kurang lengkap rasanya jika tidak ada Analisis Butir Soal Campuran.

Program Aplikasi kali ini sebenarnya tidak jauh beda dengan Analisis sebelumnya. Hanya saja program aplikasi yg telah ada digabungkan menjadi satu. Program Aplikasi ini juga menggunakan Program Aplikasi Exel 2003.

Untuk jumlah soal, aplikasi ini mempunyai kapasitas : Pilihan Ganda Max 50 soal, Uraian Max 10 Soal.

Untuk penilaian pada aplikasi ini menggunakan rumus :

( skor perolehan Ganda + skor perolehan Uraian ) X Skala Nilai
      ( jumlah skor max Ganda + jumlah skor max Uraian )



Program Aplikasi penilaian ini tidak berlaku pada sistem penilaian 70% Ganda , 30% Uraian, Atau yang sejenis dengannya.


Untuk Analisis butir Soalnya tidak dapat dijadikan menjadi satu. Masing-masing jenis test dianalisis sesuai dengan jenis test nya. Namun Bapak/Ibu Guru tidak perlu repot, karena untuk analisis butir soal masing-masing jenis test sudah tersedia.

Untuk Analisis butir soal Pilihan Ganda Bapak/Ibu guru tidak perlu Repot, karena kita cukup memasukkan data jawaban siswa saja, secara otomatis nilai, remedial dan Analisis butir Soalnya sudah langsung muncul.

Untuk Analisis Butir Soal Uraiannya caranya sama dengan Analisis Butir Soal Uraian yg berdiri sendiri (hanya soal uraian saja), yaitu : klik sheet data uraian, copy dari nama sampai ranking, kemudian klik sheet copy rank, pastekan copyan tadi di kolom nama juga. Kemudian klik data, klik sortir, klik ok. Maka data akan teranking dari yang tertinggi ke yang terendah. Setelah itu untuk melihat jumlah kelas atas dan bawah, klik sheet atas bawah, lihatlah 25% dari peserta test!. Kemudian buka kembali sheet Copy Rank, copylah kelas atas dan bawah, pastekan ke sheet atas bawah ( sesuai dengan kelompoknya / atas pada kelompok atas, bawah pada kelompaok bawah). Setelah ini maka selesai sudah tugas kita untuk menganalisis butir soal uraiannya.

Oya Bapak Ibu sekalian, demi pengamanan rumus, seluruh sheet telah diprotek, kecuali sheet Copy Rank.

Untuk pengisian data Bapak/ibu Guru cukup klik pada list yang tersedia. Pengetikan hanya pada huruf/angka berwarna biru saja.

Untuk mengisi nama siswa, Bapak/Ibu guru cukup klik kelasnya saja, otomatis nama siswa akan muncul. Jadi kita tidak perlu mengcopy paste lagi.




Itulah sedikit gambaran aplikasi analisis butir soal campuran kali ini. Sekarang mari kita liat setiap sheetnya.

  1. Sheet Data

Sheet Data ini memuat semua tentang data test, baik nama test, pengajar, KKM, SK, kunci jawaban, jawaban siswa dan lainnya yang berhubungan denagan data test. Sheet ini akan dibaca oleh sheet yang lain. Pada sheet inilah jawaban siswa dan skor perolehan dari masing-masing test kita ketik, baik Pilihan ganda, maupun Uraiannya.


  1. Sheet Nilai.

Sheet nilai ini akan menampilkan nilai dari setiap siswa. Nilai yang ditampilkan sudah merupakan nilai gabungan dari nilai pilihan ganda dan uraian.


  1. Sheet Remedial

Sheet ini menampilkan siswa yang ketercapaiannya kurang dari KKM. Pada sheet ini kita cukup mengetik hasil remedial siswa.


  1. Sheet Analisis PG

Sheet ini menampilkan analisis butir soal khusus untuk soal Pilihan Ganda. Sheet ini akan tampil jika kita telah selesai mengisi data jawaban siswa pada sheet  Data.



  1. Sheet Kartu Soal

Sheet ini untuk Bapak/Ibu mengetikkan soal-soal yang diterima. Pada Sheet ini jenis test dapat dipilih.




  1. Sheet Data Uraian

Sheet ini berisi data skor perolehan siswa untuk soal Uraian. Pada sheet ini kita tidak melakukan pengetikan apapun, karena sheet ini membaca sheet data untuk soal uraian.



  1. Sheet Copy Rank

Sheet ini untuk meranking data yang kita copy dari sheet data uraian.



  1. Sheet Atas Bawah

Sheet ini memuat data kelompok atas dan bawah



  1. Sheet Analisis Uraian

Sheet ini merupakan hasil analisis butir soal uraian. Sheet ini akan tampak hasilnya jika kita telah memasukkan data kelas atas dan bawah





Seluruh Sheet telah disetup ke dalam kertas Folio F4. Untuk mendapatkan print out yg sempurna. Nah untuk itu  Bapak/Ibu Guru harus mensetting kertas Folio F4 di Komputer / Laptop Bapak Ibu sekalian. 

Untuk cara setting Folio F4 di Laptop/Komputer Bapak Ibu sekalian, dapat di baca pada blog saya juga. Hal ini agar print out yg dihasilkan sempurna.

Nah gimana Bapak/Ibu Guru,…….. tidak begitu repotkan???? walau analisis uraiannya blm serba otomatis, tapi cukup meringankan tugas kita.

Saya juga mengakui keterbatasan pengetahuan exel saya, saya belum bisa membuat formula yang secara otomatis data langsung masuk ke dalam sheet kelas atas dan bawah. Oleh sebab itu saya juga membuka pintu share kepada Bapak/Ibu demi kesempurnaan aplikasi  Analisis Butir Soal Uraian ini.

Sekian dulu postingan saya kali ini,…..

Mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi kita semua, terutama para Bapak/Ibu Guru Indonesia.

“SALAM PENDIDIKAN”

“WASALAM,………”

Harianto, S.Pd
NIP. 19790327 200604 1 006
 HP : 081396662780

Bapak/Ibu Guru dapat mempelajari Filenya, Bapak/Ibu Download  :




Klik di sini

DOWNLOAD JUGA SKP GURU



DOWNLOAD










 


 

26 comments:

  1. Ni dia yg saya cari2 Pak,.... ijin download ya Pak,...TQ

    ReplyDelete
  2. wah keren Pak,....
    saya download ya Pak,... tuk saya pelajari,...
    trims

    ReplyDelete
  3. lah klo semuanya d protek...gmn qt ganti namanya? kasih th y pak.....

    ReplyDelete
  4. Tu file emang untuk dipelajari Pak.
    Saya rasa di file nya sudah ada aturan mainnya Pak.....

    Trims,...

    ReplyDelete
  5. kalo yang paketannya lebih dari satu gimana boss? minta nasehatnya,thanks.

    ReplyDelete
  6. sama tu mas,.. 1 paket 3 file,...
    nti saya kirim dalam bentuk rar,.......
    Analisis semua sudah otomatis,...
    PG, Campuran dan Uraian,....
    Masuk data semua lansung keluar,....
    Analisis, Nilai, Remedial....

    ReplyDelete
  7. Makasih sy bs download file untuk nambah ilmu. Cuman sy mau nanya nih pak, apa kita tdk bs copy yg bs ganti nama? Maaf ya pak....

    ReplyDelete
  8. Untuk memasukkan nama siswa tidak bisa copy paste bu, nti formulanya bisa rusak bu,...

    Untuk File yg saya kirim lewat email, semua kolom data sudah saya sediakan bu,.. jadi smua data bisa diedit,..

    Termasuk nama siswa, nama guru, mata pelajaran, TERMASUK NAMA KEPALA SEKOLAH. Jadi bisa dipakai untuk selamanya bu,...

    ReplyDelete
  9. Halo salam kenal & selamat bersua. Ijin Copas. salam "Sukses Selalu"

    ReplyDelete
  10. thank pak guru infonya. saya sudah download tapi kenapa yang muncul di excel di sheetnya hanya data dan proses saja. Bisa minta tolong email ke saya marni_ja29@yahoo.com. terima kasih banyak atas bantuannya. Semoga Yang Maha Kuasa membalas budi baik anda. Aminnnn.

    ReplyDelete
  11. terima kasih pak atas postingannya. setelah tak donlod, ternyata saya tak mampu untuk mengganti nama siswa. tolong dong minta solusinya, dikirim ke e-mail saya aj ya pak drs_250300@yahoo.com. terima kasih sekali atas bantuannya . . . .

    ReplyDelete
  12. Alhamdulillah....terima kasih pak atas kemudahan aplikasinya

    ReplyDelete
  13. TERIMA KASIH
    SANGAT BERMANFAAT
    APA BISA MINTA FILE YANG BISA DIEDIT/
    kalau bisa lewat email abdulkadirnab@yahoo.co.
    TERIMA KASIH

    ReplyDelete
  14. ass. syukrom katsiro aplikasi ini bisa membantu saya sealku guru. tapi bisa ga yg bisa di edit ? informasinya tolong kirim ke boedi1968wenda@gmail.com...syukron katsiro...smoga amal baik bapa mendapat pahala dari Allah Swt. amiin

    ReplyDelete
  15. ass. syukrom katsiro aplikasi ini bisa membantu saya sealku guru. tapi bisa ga yg bisa di edit ? informasinya tolong kirim ke boedi1968wenda@gmail.com...syukron katsiro...smoga amal baik bapa mendapat pahala dari Allah Swt. amiin

    ReplyDelete
  16. super,,aplikasinya sangat membantu sekali..tapi ingin bisa nama siswanya sesuai kebutuhan bisa diedit bagaimana ya pak? boleh minta diemailkan format yang untuk nama siswanya bisa diedit ke queenlysazalea@gmail.com terimakasih telah berbagi iptek'a

    ReplyDelete
  17. super,,aplikasinya sangat membantu sekali..tapi ingin bisa nama siswanya sesuai kebutuhan bisa diedit bagaimana ya pak? boleh minta diemailkan format yang untuk nama siswanya bisa diedit ke queenlysazalea@gmail.com terimakasih telah berbagi iptek'a

    ReplyDelete
  18. terimakasih, Pak sangat membantu tapi kalau berkenan saya minta di emailkan format yang bisa di edit ke email aharnowati@yahoo.com terimaksih sebelumnya Pak.

    ReplyDelete
  19. bagi yg tertarik di sheet HOME ada prosedurnya

    ReplyDelete
  20. sangat membantu, tpi sya ingin meng edit nama siswany sesuai kebutuhan gmna ya? bisa dikirimkan ke alamat email ini sitinasichatulchasanah@gmail.com
    terimakasih

    ReplyDelete
  21. TERIMA KASIH SANGAT BERMANFAAT APA BISA MINTA FILE YANG BISA DIEDIT/ kalau bisa lewat email sitinasichatulchasanah@gmail.com . TERIMA KASIH

    ReplyDelete